Friday 13 September 2013

Merawat Bantal Foto dan Bantal Guling



Tips Merawat Bantal Foto

Apakah agan & sista punya bantal biasa atau bantal foto guling kesayangan di rumah? Bisaanya ada beberapa keluarga yang anggota keluarganya memiliki bantal masing – masing. Jika punya, apakah bantal kesayangan agan & sista selalu dicuci secara berkala? Atau apakah dari sejak agan & sista membeli bantal tersebut belum pernah dicuci? Atau hanya dijemur saja? Bisa kita bayangkan bagaimana kondisinya jika bantal kesayangan kita atau bantal foto guling kita tidak pernah dicuci selama bertahun-tahun?
jual bantal, bantal guling, bantal foto, kado ultah
Bantal Foto Guling

Bagaimana Cara Merawat Bantal Foto

Mungkin agan & sista berpendapat tidak perlu mencuci bantal atau bantal foto guling, cukup dijemur saja. Yang perlu dicuci hanyalah sarung bantalnya saja. Kalau boleh saya sarankan kita tidak hanya mencuci sarung bantalnya saja, kita jugaa harus mencuci bantalnya juga secara berkala. Kalau sarung bantalnya sih memang harus sering dicuci karena mungkin di sarung bantal atau di sarung bantal guling itu menempel banyak kotoran seperti bekas keringat kita, bekas make up, apalagi jika ada bekas ilernya, he … he …
Kenapa bantal atau bantal foto guling harus dicuci? Bantal sebaiknya dicuci minimal empat bulan sekali. Pencucian bantal dimaksudkan untuk menjaga kebersihan dan kondisi bantal kita agar tetap bersih dan tidak merugikan kesahatan kita. Jika bantal tidak pernah dicuci mungkin didalamnya banyak debu atau bahkan binatang atau bakteri / virus / kuman yang bersarang di dalamnya. Tentu kita tidak mau jika di dalam bantal ada debu atau binatang kasat mata yang terhirup dan masuk ke dalam system pernafasan kita. Masih untung jika hanya mengakibatkan alergi saja, bagaimana jika kita terus menghirup debu yang ada di bantal atau bantal foto guling kita dan bertumpuk di rongga pernafasan dan paru-paru kita?
Mencuci bantal atau bantal foto guling sebenarnya mudah saja. Rendamlah dahulu bantal dengan air hangat menggunakan detergen selama kurang lebih 30 menit agar mempercepat proses pelepasan kotoran yang menempel di bantal. Jika menggunakan mesin cuci aturlah kecepatan putaran mesin cuci dengan kecepatan yang lambat jangan terlalu cepat agar bentuk bantal tidak berubah. Ada kalanya jika kualitas bantal yang kurang bagus, isi bantal atau bantal guling akan menggumpal dan tidak kembali ke bentuk semula.
Setelah dicuci bilaslah bantal biasa atau bantal foto guling sampai sisa – sisa detergennya berkurang. Kalau bisa membilasnya dengan menggunakan tangan. Setelah dibilas langsung keringkan jangan ditunda – tunda agar bantal tidak menjadi bau. Keringkan bantal sampai benar-benar kering, bisa dijemur atau di mesin cuci. Tetapi lebih baik dikeringkan di bawah sinar matahari agar benar – benar kering dan bentuk bantal biasa atau bantal guling tidak mudah berubah.
Ok, mungkin itulah sedikit tips merawat bantal biasa atau bantal foto guling unik anda, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment